Wednesday, September 9, 2009

Ketegangan Meningkat

Ketegangan Meningkat

Sementara itu, ketegangan di perbatasan Malaysia dan Indonesia meningkat. Pesawat pengintai udara Malaysia jenis Super King telah dua kali melintasi wilayah udara RI di sekitar perairan Tarakan, Kalimantan Timur.

Pesawat pengintai itu bahkan terbang melintas di atas kapal perang TNI Angkatan Laut yang tengah patroli di perbatasan RI - Malaysia, khususnya di sekitar Ambalat.

Berkaitan dengan kondisi itu, Presiden Susilo Bambang Yudoyono mengatakan, persoalan atas perbatasan Indonesia-Malaysia di kawasan Kalimantan bagian utara itu akan diselesaikan dengan solusi terbaik. Presiden tidak menginginkan langkah ekstrem dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

Penjelasan Presiden itu disampaikan oleh Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi di Kantor Presiden, Kamis (3/3) petang, seusai pertemuan mendadak dengan Panglima TNI Jenderal Endriartono Sutarto, Kasad Letjen Djoko Santoso, Kasal Laksamana Madya Slamet Soebijanto, dan Kasau Marsekal Madya Djoko Suyanto. Hadir Menteri Perhubungan Hatta Radjasa dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro.

Menteri ESDM diundang mengikuti pertemuan tersebut karena di kawasan itu terdapat kilang minyak yang sangat potensial. Beberapa titik di kawasan itu selama ini telah dieksplorasi, baik oleh Malaysia maupun Indonesia, antara lain yang ditangani Petronas dan Shell (Malaysia) serta Unocal (Indonesia).

Pihak Malaysia, sebagaimana penjelasan Kepala Angkatan Bersenjata Malaysia, Jenderal Tan Sri Mohd Zahidi Zainuddin, akan tetap melanjutkan pengawasan dan penjagaan di daerah perairannya yang terdapat minyak, termasuk daerah perbatasan yang bersebelahan dengan negara tetangga.

Dia menerangkan hal itu setelah menutup pelatihan National Service yang diikuti 410 peserta di Desaru Gerak Khas, Kota Tinggi, Malaysia, Kamis.

Dia mengatakan, penjagaan di perusahaan minyak milik Petronas, Malaysia, akan diperketat dan perusahaan minyak yang berasal dari negara lain menjadi tanggung jawab aparat keamanan negara tersebut untuk memastikan bahwa negara mereka tetap aman.

Menurut Kepala Staf Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Timur (Armatim), Kol Laut (P) Marsetio, kepada wartawan di atas KRI Wiratno yang tengah berlabuh di Tarakan, Jumat (4/3), pesawat Super King milik Malaysia sudah dua kali melewati batas wilayah udara Indonesia. Terakhir, pesawat pengintai tersebut terbang di atas tiga kapal perang Indonesia yang tengah berpatroli, Kamis, sekitar pukul 15.20 Wita.

Menurut dia, pesawat tersebut telah melanggar peraturan pelayaran internasional. Bahkan, terbang selama 10 menit berputar-putar di atas kapal perang Indonesia. Padahal, menurut Marsetio, tiga kapal perang Indonesia yakni KRI Nuku, KRI Wiratno, dan KRI Rencong saat itu tengah berpatroli membentuk suatu gugus tugas. Namun, tak lama kemudian pesawat Super King melintas di atas tiga kapal itu.

Sejauh ini kapal-kapal perang Indonesia tidak melakukan tindakan provokasi, karena masih diperintahkan untuk bersiaga saja. Marsetio berharap agar pemerintah, khususnya Mabes TNI, memberikan bantuan kekuatan udara.

Setiap kekuatan militer asing yang melanggar perbatasan Indonesia, menurut dia, seharusnya segera diusir. Hal itu telah diatur dalam Undang Undang (UU) No 17 Tahun 1985 tentang ratifikasi Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

Dikemukakan, saat ini Malaysia mengklaim 12 mil laut yang berada di sekitar Pulau Karang Ambalat. Itu artinya, menurut Marsetio, batas wilayah laut Malaysia jika dihitung dari Pulau Sipadan dan Ligitan sudah sejauh 70 mil.

No comments:

Post a Comment